PROGRAM TAHUNAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
Mata
pelajaran : BIOLOGI
Kelas /
program : X
Tahun
Pelajaran : 2009/2010
NO
|
SEMESTER
|
STANDAR KOMPETENSI /
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
SUB MATERI
|
ALOKASI WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
Ganjil
|
1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
|
Ruang lingkup biologi
|
12
Jam Pel
|
|
1.1
MENGIDENTIFIKASI ruang lingkup biologi
|
Objek biologi
|
4 Jam Pel
|
|
||
1.2 Mendeskripsikan objek
biologi dan permasalahan biologi
pada tingkat organisasi kehidupan
|
Permaslahan biologi
dan tingkat organisasi kehidupan, metode ilmiah
|
6 Jam Pel
|
|
||
Ulangan Harian 1
|
|
2 Jam Pel
|
|
||
|
|
|
|
||
2
|
2. Memahami
prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
|
|
24 Jam Pel
|
|
|
2.1
Mendeskripsikan ciri-ciri dan peranan virus dalam kehidupan
|
Virus
|
4 Jam Pel
|
|
||
2.2. Medeskripsikan ciri-ciri
Archaebakteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
|
Monera
|
6 Jam
Pel
|
|
||
Ulangan Harian 2 / Uji Blok
|
|
2 Jam Pel
|
|
||
|
|
|
|
||
2.3
Menyajikan ciri-ciri umum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan
|
Protista
|
6 Jam Pel
|
|
||
2.4 Mendeskripsikanciri-ciri dan jenis
fungi/jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan dan kajian literatur
serta peranannya bagi kehidupan
|
Fungi
|
4 Jam Pel
|
|
||
Ulangan Harian 3
|
|
2 Jam Pel
|
|
||
Jumlah Jam Semester Ganjil
|
36 Jam Pel
|
|
|||
|
|
Ujian Semester Ganjil
|
|
||
|
|
|
|
|
|
3
|
Genap
|
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
|
|
24
Jam Pel
|
|
3.1 Mendeskripsikan konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
|
Variasi dan kehati, Taksonomi Tingkat
Keanekaragaman hayati
|
4 am
Pel
|
|
||
3.2 Mengkomunikasikan kehati
indonesia dan uasaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
|
Ekosistem Diindonesia, Pelestarian hewan dan
tumbuhan
|
4 Jam
Pel
|
|
||
Ulangan Harian 1
|
|
2 Jam
Pel
|
|
||
|
|
|
|
||
3.3.
Mendeskripsikan ciri-ciri D ivisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya dalam
kelangsungan hidup di bumi
|
- Bryophyta,
- Pteridophyta
- Spermathophyta.
|
2 Jam
Pel
2 Jam
Pel
2 Jam
Pel
|
|
||
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi
kehidupan
|
- Avertebrata
- Vertebrata
|
6 Jam Pel
2 Jam Pel
|
|
||
Ulangan Harian 2
|
|
2 Jam Pel
|
|
||
|
|
|
|
||
4
|
4.
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perbahan materi dan energi
serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
|
|
10 Jam Pel
|
|
|
4.1
Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur
biogeokimia serta pemanfaatan ekosistem bagi kehidupan
|
Daur biogeokimia
|
2 Jam
Pel
|
|
||
4.2 Menjelaskna keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah
perusakan, pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan.
|
Pencemaran
|
2 Jam Pel
|
|
||
4.3. Menganalisis
jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
|
Analisis jenis limbah dan
daur ulang limbah
|
2 Jam Pel
|
|
||
4.4 membuat daur ulang
limbah
|
Daur ulang limbah
|
2 Jam Pel
|
|
||
Ulangan Harian 3
|
|
2 Jam Pel
|
|
||
|
|
Jumlah Jam Semester Genap
|
34
Jam Pel
|
|
|
|
|
Ujian
Semester Genap
|
|
Mengetahui Metro, Juli 2010
Kepala Sekolah Guru
Matapelajaran
Drs. Deni Akhwandi Drs.
Wahyudi
NIP. 19620410 199010 1 002 NIP. 19630610 199103 1 008
0 komentar:
Posting Komentar